Metode simpleks ini
adalah suatu prosedur matematis untuk mencari solusi optimal dari suatu masalah
program linier yang didasarkan pada proses iterasi.
Prosedur Metode
Simpleks
1. Formulasi Fungsi
Tujuan dan Fungsi Kendala Dari Permasalahan PL
2. Mengkonversi
Bentuk Pertidaksamaan Dalam Fungsi Kendala Menjadi Bentuk Standar
3. Membuat Table
Simpleks Awal
4. Algoritma metode
simpleks
Program Linier :
Bentuk Standar
1. Ruas kanan (RK)
fungsi tujuan harus nol (0)
2. Ruas kanan (RK)
fungsi kendala harus positif, jika negatif kalikan dengan –1.
3. Fungsi kendala
dengan tanda “£ ” harus diubah ke bentuk “=” dengan menambahkan variabel
slack/surplus. Variabel slack/surplus disebut variabel basis.
4. Fungsi kendala
dengan tanda “³ ” diubah ke bentuk “£ ” dengan cara mengalikan dengan
–1, lalu diubah ke bentuk persamaan dengan menambahkan variabel slack, kemudian
RKnya dikalikan dengan –1, karena bertanda negatip.
Mengkonversi Bentuk
Pertidaksamaan Fungsi Kendala Menjadi Bentuk Standar
1. Ada tiga bentuk
fungsi kendala: £, ≥, dan =.
2. Konversi fungsi
kendala bertanda £: menambahkan slack variable pada fungsi kendala
tersebut.
3. Untuk kendala
berbentuk ‘³’ dan ‘=‘ akan dibahas tersendiri dalam teknik variabel artifisial.
4. Slack variable:
sumber daya yang mengganggur pada suatu fungsi kendala.
5. Penambahan slack
variable dimaksudkan untuk memperoleh solusi fisibel awal (initial feasible
solution, sama dengan titik origin pada grafik) pada fungsi kendala.
CONTOH
Maksimum
Z = 18X1
+ 36X2
12X1 +
6X2 ≥ 36
4X1 +
4X2 ≤ 32
X1 tak
terbatas
X2 ≥
0
Dimana X1
dan X2 adalah tingkat produksi barang 1 dan barang untuk
mengubah masalah ini ke dalam bentuk baku dengan semua variable non negatif, X1‘
– X’’ harus menggantikan X1
pada malasah dia atas menjadi :
Maksimumkan
Dengan
syarat Z = 18X1’ – 18X’’ + 36X2 + 0S1 + 0S2
– MA1
12X1
– 12X’’ + 6X2 – S1 + A1 = 36
4X1’
– 4X’’ +4X2 + S2 = 32
X1’ X’’ X2 ≥ 0
Penyelesaian
Solusi
terhadap masalah ini ditunjukan pada tabel berikut,
Subsitusikan
A1 Fungsi tujuan :
12X1’
– 12X’’ + 6X2 – S1 + A1 = 36
A1
= 36 – 12X1’ + 12X’’ – 6X2 + S1
Maka
:
Z = 18X1’ – 18X’’ + 0S1
+ 0S2 – [M(36 – 12X1’ + 12X’’ – 6X2 + S1)]
-36M + (12M)X1’- (12M)X’’+ (6M)X2 – S1M)
Z = (18 +
12M)X1’ – (18 - 12M)X2’’ + (36 + 6M)X2 – (M) S1
– 36M
Persamaan Z
dalam tabel :
Z – (18 -
12M)X1’ + (18 + 12M)X’’ – (36 – 6M)X2 + (M) S1
= -36M
Tabel 1.1
(Tabel simpleks awal)
Basis
|
X1
|
X’’
|
X2
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Rasio
|
Z
|
-18 -12M
|
18 + 12M
|
- 36 - 6M
|
M
|
0
|
0
|
-36M
|
|
A1
|
12
|
-12
|
6
|
-1
|
0
|
1
|
36
|
3
|
S2
|
4
|
-4
|
4
|
0
|
1
|
0
|
32
|
8
|
Tabel 1.2
(pivot point untuk iterasi pertama)
Basis
|
X1
|
X2
|
X3
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Z
|
|||||||
A1
|
1
|
-1
|
1/2
|
-1/12
|
0
|
1/12
|
36
|
S2
|
Tabel 1.3
(tabel iterasi pertama)
Basis
|
X1
|
X’’
|
X2
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Rasio
|
Z
|
0
|
0
|
-27
|
-3/2
|
0
|
0
|
54
|
|
A1
|
1
|
-1
|
1/2
|
-1/12
|
0
|
1/12
|
36
|
72
|
S2
|
0
|
0
|
2
|
1/3
|
1
|
0
|
20
|
10
|
Tabel 1.4
(Pivot point untuk iterasi kedua)
Basis
|
X1
|
X2
|
X3
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Z
|
|||||||
X2
|
4
|
-4
|
2
|
-1/3
|
0
|
*
|
12
|
S2
|
Tabel 1.5 (tabel iterasi kedua)
Basis
|
X1
|
X’’
|
X2
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Rasio
|
Z
|
108
|
-108
|
27
|
-21/2
|
0
|
*
|
42
|
|
X2
|
4
|
-4
|
2
|
-1/3
|
0
|
*
|
12
|
*
|
S2
|
-8
|
8
|
-2
|
1
|
1
|
*
|
-4
|
10
|
Tabel 1.6
(pivot point untuk iterasi ketiga)
Basis
|
X1
|
X2
|
X3
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Z
|
|||||||
X2
|
|||||||
X’’
|
-1
|
1
|
-1/4
|
1/8
|
1/8
|
*
|
-1/2
|
Tabel 1.7 (tabel iterasi ketiga yang menghasilkan nilai
optimum)
Basis
|
X1
|
X’’
|
X2
|
S1
|
S2
|
S3
|
Solusi
|
Rasio
|
Z
|
0
|
0
|
0
|
-24
|
13.5
|
*
|
-12
|
optimum
|
X2
|
0
|
0
|
1
|
-5/6
|
-1/2
|
*
|
10
|
|
X2’’
|
-1
|
1
|
1/4
|
1/8
|
1/8
|
*
|
-1/2
|
Setelah diperoleh tabel
optimum, untuk menentukan solusi terhadap variable masalah asli, variable harus
diubah kembali kedalam bentuk asli.
X1 = X1’-X’’ = 0-(-1/2) = ½ dan
X2 = 10, sehingga Z= -12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar